Pengaruh Gaya Hidup Digital Terhadap Kesehatan Mental Dan Interaksi Sosial Remaja Di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4468Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari gaya hidup digital berdampak pada kesehatan mental dan interaksi sosial remaja. Penelitian ini melibatkan 30 remaja berusia 13-18 tahun yang menggunakan media digital yang canggih. Data dianalisis menggunakan regresi linier dan korelasi setelah dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup digital berdampak besar pada kesehatan mental remaja; penggunaan perangkat digital yang lebih tinggi, khususnya media sosial, dikaitkan dengan peningkatan kecemasan, depresi, dan gangguan tidur. Penelitian ini menemukan bahwa terlalu banyak interaksi digital menyebabkan perasaan kesepian dan hubungan interpersonal yang lebih buruk. Remaja mengalami tekanan sosial untuk mendapatkan validitas melalui media sosial, yang dapat membahayakan harga diri mereka. Studi ini menunjukkan bahwa interaksi tatap muka dan penggunaan media digital seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan sosial remaja.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Usmani Haryati, Teguh Andibowo, Laras Ayu Putri Budiarti, Vanisa Purida

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es