Pengaruh TPCK Guru Terhadap Pembelajaran Berbasis Multimedia (MBL) Pada Siswa Sekolah Dasar Di Surakarta

Authors

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Rendra Agung Prabowo Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Roni Endrawan Universitas Tunas Pembangunan, Indonesia
  • Alfito Widiansyah

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4467

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPCK) guru terhadap implementasi pembelajaran berbasis multimedia (Multimedia-Based Learning/MBL) di tingkat Sekolah Dasar. Pendekatan kuantitatif eksperimen digunakan dengan melibatkan 30 siswa SD di Surakarta sebagai sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen berupa kuesioner digunakan untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks. Ditemukan peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa, dengan rata-rata skor meningkat dari 2,45 menjadi 3,23 setelah diterapkannya MBL berbasis TPCK. Kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa penguasaan TPCK oleh guru berkontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran. Untuk optimalisasi implementasi MBL, diperlukan perhatian terhadap penyediaan infrastruktur teknologi dan peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan yang berkelanjutan.

Published

2025-06-14

Citation Check