Efektivitas Penggunaan Media Blog Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Murid Kelas IVB SDN Sungguminasa V Kabupaten Gowa

Authors

  • Nurul Taufik Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media blog dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas IVB SDN Sungguminasa V Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas IVB SDN Sungguminasa V, sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, tes keterampilan menulis pengalaman pribadi dalam bentuk soal uraian, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pretest sebelum menggunakan media blog, sebagian besar siswa berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 82,61%. Setelah diberikan perlakuan, hasil posttest menunjukkan peningkatan, di mana sebagian besar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 47,83%. Hasil analisis uji t menunjukkan Thitung = 12,381 dan Ttabel = 2,0738, sehingga Thitung > Ttabel (12,381 > 2,0738). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa penggunaan media blog dalam pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas IVB SDN Sungguminasa V Kabupaten Gowa.

Published

2025-06-14

Citation Check