Efektivitas Penggunaan Media Blog Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Murid Kelas IVB SDN Sungguminasa V Kabupaten Gowa
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4466Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media blog dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis pengalaman pribadi pada siswa kelas IVB SDN Sungguminasa V Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas IVB SDN Sungguminasa V, sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian mencakup lembar observasi, tes keterampilan menulis pengalaman pribadi dalam bentuk soal uraian, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial dengan uji t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pretest sebelum menggunakan media blog, sebagian besar siswa berada dalam kategori sangat rendah dengan persentase 82,61%. Setelah diberikan perlakuan, hasil posttest menunjukkan peningkatan, di mana sebagian besar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 47,83%. Hasil analisis uji t menunjukkan Thitung = 12,381 dan Ttabel = 2,0738, sehingga Thitung > Ttabel (12,381 > 2,0738). Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa penggunaan media blog dalam pembelajaran efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas IVB SDN Sungguminasa V Kabupaten Gowa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nurul Taufik, Aliem Bahri, Anin Asnidar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es