Pengembangan Media Camiboxtif (Catatan Misteri Box Interaktif) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Materi Kalimat Transitif Dan Intransitif) Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4464Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media Camiboxtif (Catatan Misteri Box Interaktif) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini mengikuti metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan 41 peserta didik kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 01, dengan uji coba skala kecil pada 12 peserta didik kelas IV A dan skala besar pada 29 peserta didik kelas IV C. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest-posttest) dan non tes berupa hasil dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kelayakan media Camiboxtif ditunjukkan dari hasil validasi ahli media, materi, dan bahasa yang menunjukkan kriteria “sangat layak”, didukung juga dengan hasil angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap media Camiboxtif pada uji coba skala kecil dan skala besar yang menunjukkan kategori “sangat layak”. Keefektifan media Camiboxtif dibuktikan melalui hasil uji-t pada skala kecil dan skala besar dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan hasil N-gain pada skala kecil sebesar 0,52 dan skala besar sebesar 0,57 yang menunjukkan kriteria “sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Camiboxtif yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Kalibanteng Kidul 01.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Itsnaini Madu Zari, Arif Widagdo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es