Pengembangan Media Camiboxtif (Catatan Misteri Box Interaktif) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Materi Kalimat Transitif Dan Intransitif) Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 01 Kota Semarang

Authors

  • Itsnaini Madu Zari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Arif Widagdo Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4464

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menguji kelayakan, dan keefektifan media Camiboxtif (Catatan Misteri Box Interaktif) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini mengikuti metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Penelitian ini melibatkan 41 peserta didik kelas IV SD Negeri Kalibanteng Kidul 01, dengan uji coba skala kecil pada 12 peserta didik kelas IV A dan skala besar pada 29 peserta didik kelas IV C. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (pretest-posttest) dan non tes berupa hasil dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Kelayakan media Camiboxtif ditunjukkan dari hasil validasi ahli media, materi, dan bahasa yang menunjukkan kriteria “sangat layak”, didukung juga dengan hasil angket tanggapan guru dan peserta didik terhadap media Camiboxtif pada uji coba skala kecil dan skala besar yang menunjukkan kategori “sangat layak”. Keefektifan media Camiboxtif dibuktikan melalui hasil uji-t pada skala kecil dan skala besar dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan hasil N-gain pada skala kecil sebesar 0,52 dan skala besar sebesar 0,57 yang menunjukkan kriteria “sedang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Camiboxtif yang dikembangkan memenuhi kriteria layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri Kalibanteng Kidul 01.

Published

2025-06-14

Citation Check