Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Materi Lagu Anak Kelas III SDN 93 Singkawang

Authors

  • Steviana Risa Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Zulfahita Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Kamaruddin Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4459

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah terdapat pengaruh Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak kelas III SDN 93 Singkawang; 2) mengetahui seberapa besar pengaruh Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak kelas III SDN 93 Singkawang; 3) mengetahui minat belajar siswa menggunakan Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 93 Singkawang. Sampel penelitian diambil secara non probability sampling dengan purposive sampling. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat (χ^2) dan dilakukan uji homogenitas untuk melihat kesamaan varian pada kedua kelompok. Data analisis secara univeriat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) untuk pengujian hipotesis pertama digunakan Uji t (t-test) dua sampel tidak berkorelasi, pengujian hipotesis kedua digunakan uji effect size, dan pengujian hipotesis ketiga digunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak kelas III SDN 93 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan Uji t (t-test) dua sampel tidak berkorelasi diperoleh nilai nilai t_hitung>t_tabel yaitu 11,445 > 2,037, maka Ha diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikansi a=0,05; 2) Media interaktif animasi berpengaruh tinggi pada mata pelajaran SBdP siswa kelas III SDN 93 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan uji effect size sebesar 2,985 dengan kriteria tinggi; 3) Minat belajar siswa sangat baik menggunakan Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak. Hal ini dibuktikan dengan minat belajar siswa sebesar 93,4 % kriteria sangat baik.

Published

2025-06-14

Citation Check