Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Materi Lagu Anak Kelas III SDN 93 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4459Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah terdapat pengaruh Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak kelas III SDN 93 Singkawang; 2) mengetahui seberapa besar pengaruh Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak kelas III SDN 93 Singkawang; 3) mengetahui minat belajar siswa menggunakan Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak. Metode Penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 93 Singkawang. Sampel penelitian diambil secara non probability sampling dengan purposive sampling. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat (χ^2) dan dilakukan uji homogenitas untuk melihat kesamaan varian pada kedua kelompok. Data analisis secara univeriat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) untuk pengujian hipotesis pertama digunakan Uji t (t-test) dua sampel tidak berkorelasi, pengujian hipotesis kedua digunakan uji effect size, dan pengujian hipotesis ketiga digunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak kelas III SDN 93 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan Uji t (t-test) dua sampel tidak berkorelasi diperoleh nilai nilai t_hitung>t_tabel yaitu 11,445 > 2,037, maka Ha diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikansi a=0,05; 2) Media interaktif animasi berpengaruh tinggi pada mata pelajaran SBdP siswa kelas III SDN 93 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan uji effect size sebesar 2,985 dengan kriteria tinggi; 3) Minat belajar siswa sangat baik menggunakan Media Interaktif Animasi pada mata pelajaran SBdP materi lagu anak. Hal ini dibuktikan dengan minat belajar siswa sebesar 93,4 % kriteria sangat baik.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Steviana Risa, Zulfahita, Kamaruddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es