Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengamalan Pancasila

Authors

  • Tiara Liza Mayada Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Susilo Tri Widodo Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4457

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kesulitan memahami materi pengamalan sila Pancasila, kurangnya inovasi model pembelajaran, media pembelajaran yang sederhana, dan kurangnya pemanfaatan sarana dan prasarana. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengembangkan desain media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi pengamalan sila Pancasila siswa kelas III, (2) menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi pengamalan sila Pancasila siswa kelas III, dan (3) menguji keefektifan media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi pengamalan sila Pancasila siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, angket, validasi, dan tes. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Lemahduwur 02 yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian ini yaitu Google Sites yang di desain menarik dengan menggabungkan beberapa fitur Youtube, Google Form, dan edugame. Hasil uji validasi berkategori sangat layak dengan nilai 85 % dari validasi media dan 91% dari validasi materi. Keefektifan media pembelajaran Google Sites dapat diketahui melalui hasil uji n-gain 0,7384 ≥ 0,7 yang berarti efektif dengan kriteria tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Google Sites memiliki desain yang menarik, sangat layak digunakan, dan memiliki efektivitas yang tinggi

Published

2025-06-14

Citation Check