Efektivitas Model Number Head Together Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Pazira Sukma Putri Suwandi Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Nindy Citroresmi Prihatiningtyas Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Insan Suwanto Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4456

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media question card efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 92 Singkawang. 2) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media question card di SDN 92 Singkawang. 3) Mengetahui keterlaksanaa model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media question card di SDN 92 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain yang pre-experimental designs dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 92 Singkawang yang berjumlah 26 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel. Data diperoleh melalui instrumen berupa lembar tes hasil belajar matematika, lembar angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Number Head Together. Teknik analisis data yang digunakan adalah independept sample t-test dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question card terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai t-hitung pretest dan posttest yaitu 1,186 > nilai t-tabel 1,708. Respon siswa baik saat melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question card yang dilihat hasil angket respon siswa mendapatkan nilai 69% dengan kriteria baik. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question card terlaksana dengan baik, dengan nilai persentase untuk keterlaksanaan 1 adalah 75% dengan kriteria baik dan keterlaksanaan 2 adalah 82% dengan kriteria sangat baik. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa “Model number head together berbantuan question card efektif terhadap hasil belajar matematika siswa”.

Published

2025-06-14

Citation Check