Efektivitas Model Number Head Together Berbantuan Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4456Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media question card efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 92 Singkawang. 2) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media question card di SDN 92 Singkawang. 3) Mengetahui keterlaksanaa model pembelajaran kooperatif tipe number head together berbantuan media question card di SDN 92 Singkawang. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain yang pre-experimental designs dalam bentuk one group pretest-posttest design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 92 Singkawang yang berjumlah 26 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel. Data diperoleh melalui instrumen berupa lembar tes hasil belajar matematika, lembar angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Number Head Together. Teknik analisis data yang digunakan adalah independept sample t-test dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question card terhadap hasil belajar matematika siswa dengan nilai t-hitung pretest dan posttest yaitu 1,186 > nilai t-tabel 1,708. Respon siswa baik saat melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question card yang dilihat hasil angket respon siswa mendapatkan nilai 69% dengan kriteria baik. Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan question card terlaksana dengan baik, dengan nilai persentase untuk keterlaksanaan 1 adalah 75% dengan kriteria baik dan keterlaksanaan 2 adalah 82% dengan kriteria sangat baik. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa “Model number head together berbantuan question card efektif terhadap hasil belajar matematika siswa”.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Pazira Sukma Putri Suwandi, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas, Insan Suwanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es