Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SD Negeri Ledok 01 Salatiga

Authors

  • Mitha Aryani Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Endang Indarini Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4455

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, pendokumentasian, serta tindak lanjut atas Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Ledok 01 Salatiga. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian evaluasi yang memanfaatkan model evaluasi goal free yang telah diperkembangkan oleh Scriven. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan pada penelitian ini antara lain wawancara, observasi, serta studi dokumen yang dilakukan terhadap kepala sekolah, guru, dan pengawas. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian divalidasi oleh ahli pada bidang evaluasi pembelajaran. Berdasarkan penelitian menggunakan model goal free, didapatkan hasil perencanaan projek dilaksanakan dengan baik, implementasi projek melibatkan peserta didik dan guru secara aktif, pendokumentasian dan pelaporan kegiatan dilaksanakan melalui rapor projek, serta pada bagian tindak lanjut dilaksanakan melalui rapat dan komunitas belajar, sedangkan dari hasil observasi menunjukkan kesiapan peserta didik, tim fasilitasi projek (guru), dan satuan pendidikan tergolong dalam tahap mahir, serta hasil studi dokumen yang telah dilaksanakan menunjukkan masih kurangnya beberapa dokumen fisik dan laporan akhir projek. Berdasarkan data tersebut, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Ledok 01 Salatiga dapat dikategorikan sudah berjalan bagus, baik dari segi perencanaan, implementasi, pendokumentasian dan pelaporan, serta tindak lanjut namun masih membutuhkan beberapa pembenahan.

Published

2025-06-14

Citation Check