Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Di SD Negeri Ledok 01 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4455Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, pendokumentasian, serta tindak lanjut atas Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Ledok 01 Salatiga. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian evaluasi yang memanfaatkan model evaluasi goal free yang telah diperkembangkan oleh Scriven. Teknik pengumpulan data yang dimanfaatkan pada penelitian ini antara lain wawancara, observasi, serta studi dokumen yang dilakukan terhadap kepala sekolah, guru, dan pengawas. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian divalidasi oleh ahli pada bidang evaluasi pembelajaran. Berdasarkan penelitian menggunakan model goal free, didapatkan hasil perencanaan projek dilaksanakan dengan baik, implementasi projek melibatkan peserta didik dan guru secara aktif, pendokumentasian dan pelaporan kegiatan dilaksanakan melalui rapor projek, serta pada bagian tindak lanjut dilaksanakan melalui rapat dan komunitas belajar, sedangkan dari hasil observasi menunjukkan kesiapan peserta didik, tim fasilitasi projek (guru), dan satuan pendidikan tergolong dalam tahap mahir, serta hasil studi dokumen yang telah dilaksanakan menunjukkan masih kurangnya beberapa dokumen fisik dan laporan akhir projek. Berdasarkan data tersebut, kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Ledok 01 Salatiga dapat dikategorikan sudah berjalan bagus, baik dari segi perencanaan, implementasi, pendokumentasian dan pelaporan, serta tindak lanjut namun masih membutuhkan beberapa pembenahan.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mitha Aryani, Endang Indarini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es