Implementasi Profil Pelajar Pancasila Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter Peserta Didik Di SD Negeri Candirejo Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4451Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis implementasi Profil Pelajar Pancasila yang ada di SD Negeri Candirejo sebagai upaya untuk mewujudkan pendidikan karakter peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas I dan IV, serta peserta didik kelas IV, V, dan VI SD Negeri Candirejo. Objek dalam penelitian ini yaitu implementasi Profil Pelajar Pancasila. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Candirejo telah dilaksanakan dengan baik dan berkesinambungan sehingga dapat mewujudkan pendidikan karakter peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa Profil Pelajar Pancasila telah diterapkan melalui berbagai aktivitas pembiasaan, intrakurikuler, dan kokurikuler, yang dimulai dari dimensi beriman bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Sehingga dengan adanya Profil Pelajar Pancasila, dapat mewujudkan pendidikan karakter.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rizma Hernita Arfiani, Moh. Fathurrahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es