Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 10 Singkawang

Authors

  • Elyas Hoir Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Eka Murdani Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia
  • Haris Rosdianto Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4450

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mendeskripsikan perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa kelas V di SD Negeri 10 Singkawang 2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Singkawang 3) Untuk mendeskripsikan hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi dan Ex Post Facto dengan desain penelitian assosiatif yaitu hubungan antara variabel bebas yaitu perhatian orang tua dengan variabel terikat yaitu motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 10 Singkawang yang berjumlah 58 siswa dan keseluruhan anggota populasi di jadikan sampel. Data diperoleh melalui instrumen berupa lembar angket perhatian orang tua serta lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,381 dan nilai Sig. 0,003. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa”.

Published

2025-06-14

Citation Check