Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SDN 10 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4450Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mendeskripsikan perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa kelas V di SD Negeri 10 Singkawang 2) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa kelas V di SD Negeri Singkawang 3) Untuk mendeskripsikan hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi dan Ex Post Facto dengan desain penelitian assosiatif yaitu hubungan antara variabel bebas yaitu perhatian orang tua dengan variabel terikat yaitu motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 10 Singkawang yang berjumlah 58 siswa dan keseluruhan anggota populasi di jadikan sampel. Data diperoleh melalui instrumen berupa lembar angket perhatian orang tua serta lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa dengan nilai korelasi 0,381 dan nilai Sig. 0,003. Jadi dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa “Terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa”.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Elyas Hoir, Eka Murdani, Haris Rosdianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es