Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4447Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak cerita pada peserta didik kelas 3 SDN Punggul 2. Penelitian menggunakan jenis metode kuantitatif jenis pre-eksperimental one group pretest-posttest desain atau jenis penelitian satu kelas. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas 3 SDN Punggul 2. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda yang terdiri dari 10 soal sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest peserta didik yaitu 73,67, meningkat menjadi 92 pada posttest. Sedangkan Uji statistik Paired Sample T-Test menghasilkan nilai signifikan (p < 0,05), yang membuktikan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak peserta didik. Media ini membantu peserta didikmemahami unsur-unsur intrinsik cerita seperti tokoh, alur, latar, dan amanat dengan lebih baik. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media boneka tangan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menyimak peserta didik serta meningkatkan motivasi belajar, dan menjadikan pembelajaran lebih interaktif. Prospek pengembangan media ini dapat diterapkan pada berbagai materi dan jenjang pendidikan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Lailatul Maftukha, Vevy Liansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es