Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Materi Gelombang Bunyi Di SD

Authors

  • Reviyanti Aditya STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Indonesia
  • Reza Ariefka STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran multirepresentasi pada kemampuan literasi sains siswa mata pelajaran IPA (gelombang bunyi) kelas V di Sekolah Dasar Negeri 01 Tugu Harum. Pendekatan penelitian yang diterapkan, yaitu sistem kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan design penelitian pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini 29 siswa kelas VA dan 29 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji normalitas yang dilakukan penerapan rumus Chi-Kuadrat dengan tingkat signifikansi 5%, keduanya tersebut dapat dianggap mengikuti distribusi normal. Hasil uji homogenitas kedua kelompok menunjukkan bahwa Fhitung (1,17) < Ftabel (1,79) berarti kedua kelompok bersifat homogen. Kesimpulan penelitian ini adalah pada proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan menggunakan model multirepresentasi Di sisi lain, kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Kemudian, kelas eksperimen diberikan pre-test dan mencatatkan skor rata-rata 28,1, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran multirepresentasi skor rata-rata meningkat menjadi 78,13 dengan demikian pembelajaran multirepresentasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa materi gelombang bunyi di Sekolah Dasar Negeri 01 Tugu Harum.

Published

2025-06-14

Citation Check