Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Materi Gelombang Bunyi Di SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4446Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran multirepresentasi pada kemampuan literasi sains siswa mata pelajaran IPA (gelombang bunyi) kelas V di Sekolah Dasar Negeri 01 Tugu Harum. Pendekatan penelitian yang diterapkan, yaitu sistem kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasy Experiment) dengan design penelitian pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini 29 siswa kelas VA dan 29 siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil uji normalitas yang dilakukan penerapan rumus Chi-Kuadrat dengan tingkat signifikansi 5%, keduanya tersebut dapat dianggap mengikuti distribusi normal. Hasil uji homogenitas kedua kelompok menunjukkan bahwa Fhitung (1,17) < Ftabel (1,79) berarti kedua kelompok bersifat homogen. Kesimpulan penelitian ini adalah pada proses pembelajaran di kelas eksperimen mendapat perlakuan dengan menggunakan model multirepresentasi Di sisi lain, kelas kontrol tidak mendapatkan perlakuan yang sama. Kemudian, kelas eksperimen diberikan pre-test dan mencatatkan skor rata-rata 28,1, setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran multirepresentasi skor rata-rata meningkat menjadi 78,13 dengan demikian pembelajaran multirepresentasi memberikan dampak yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa materi gelombang bunyi di Sekolah Dasar Negeri 01 Tugu Harum.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Reviyanti Aditya, Reza Ariefka

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es