Suatu Literature Review Tentang Peran Dan Tantangan Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Tri Handayani Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Imam Kusmaryono Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia
  • Rida Fironika Kusumadewi Universitas Islam Sultan Agung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4444

Abstract

Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran matematika adalah proses kompleks yang memerlukan pemahaman tentang dampak yang saling berhubungan serta identifikasi faktor-faktor yang mendorong perubahan efektif di lingkungan sekolah. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis peran, dampak, dan tantangan penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika. Jumlah literature yang direview sebanyak 20 judul terbitan tahun 2020 sampai 2024. Analisi data mengunakan metode PRISMA Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi tidak hanya memengaruhi kinerja siswa, tetapi juga berbagai aspek dan pemangku kepentingan di sekolah. Simpulan studi ini menegaskan bahwa teknologi dapat berkontribusi positif terhadap transformasi digital sekolah. Peran penggunaan teknologi dalam pembelajaran inovatif terbukti dapat membantu siswa membangun pengetahuan secara mandiri dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Meskipun media pembelajaran berbasis teknologi memiliki dampak positif dalam merubah minat, sikap dan perilaku siswa, namun juga berdampak negative yang harus ditemukan soliusinya. Tantangan di masa depan yaitu (a) pemerataan akses terhadap perangkat dan koneksi internet untuk kelancaran belajar, dan (b) perlunya pengembangan professional guru dalam pelatihan atau keterampilan menggunakan teknologi baru.

Published

2025-06-14

Citation Check