Suatu Literature Review Tentang Peran Dan Tantangan Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4444Abstract
Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran matematika adalah proses kompleks yang memerlukan pemahaman tentang dampak yang saling berhubungan serta identifikasi faktor-faktor yang mendorong perubahan efektif di lingkungan sekolah. Literature review ini bertujuan untuk menganalisis peran, dampak, dan tantangan penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika. Jumlah literature yang direview sebanyak 20 judul terbitan tahun 2020 sampai 2024. Analisi data mengunakan metode PRISMA Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi teknologi tidak hanya memengaruhi kinerja siswa, tetapi juga berbagai aspek dan pemangku kepentingan di sekolah. Simpulan studi ini menegaskan bahwa teknologi dapat berkontribusi positif terhadap transformasi digital sekolah. Peran penggunaan teknologi dalam pembelajaran inovatif terbukti dapat membantu siswa membangun pengetahuan secara mandiri dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Meskipun media pembelajaran berbasis teknologi memiliki dampak positif dalam merubah minat, sikap dan perilaku siswa, namun juga berdampak negative yang harus ditemukan soliusinya. Tantangan di masa depan yaitu (a) pemerataan akses terhadap perangkat dan koneksi internet untuk kelancaran belajar, dan (b) perlunya pengembangan professional guru dalam pelatihan atau keterampilan menggunakan teknologi baru.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Tri Handayani, Imam Kusmaryono, Rida Fironika Kusumadewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es