Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Tata Surya Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SD

Authors

  • Bima Prasetya Suseno STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Indonesia
  • Reza Ariefka STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4440

Abstract

Di Indonesia, menurut hasil PISA 2022 untuk literasi sains siswa termasuk dalam kategori rendah, setara dengan hasil yang diperoleh pada pada 2006 lalu dan berada di peringkat 68 dari 81 negara. Berdasarkan masalah tersebut, diperlukan inovasi untuk meningkatkan literasi sains siswa salah satunya adalah penggunaan alat peraga sains. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan alat peraga tata surya terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas VI di SDN Tepungsari. Metode penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimen. Sampel dalam penelitian ini 24 siswa kelas VI. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji instrumen tes dan uji hipotesis. Dari pengolahan data diperoleh nilai uji normalitas Shapiro wilk dengan nilai pretest diperoleh nilai sebesar 0,070, dengan nilai posttest sebesar 0,109 dan uji paired sample t-test dieroleh nilai sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari nilai sig 0,05, dengan demikian dapat dinyatakan hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa penggunaan alat peraga berpengaruh terhadap peningkatan literasi sains kelas VI SDN Tepungsari.

Published

2024-01-31

Citation Check