Analisis Metode Pembelajaran Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Jatiyoso

Authors

  • Dyah Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Widyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Harsono Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4423

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna menganalisis tingkat keberhasilan diterapkannya metode pembelajaran partisipatif terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso. Metode pembelajaran partisipatif menjadi variabel independen pada riset ini dengan motivasi belajar siswa yang menjadi variabel dependennya. Metode penelitian yang diaplikasikan pada riset ini berupa metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel jenuh yakni menjadikan seluruh populasi siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso yang berjumlah 26 anak sebagai sampel dalam riset. Observasi partisipatif, wawancara secara mendalam serta dokumentasi menjadi teknik yang dimanfaatkan guna mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan pada riset ialah teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data hasil riset, reduksi atau pengurangan data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan Triangulasi Sumber dilangsungkan guna melakukan pengujian terhadap tingkat validitas data hasil riset. Dan didapatkan hasil bahwasanya terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso setelah diterapkannya metode pembelajaran partisipatif. Strategi pembelajaran partisipatif yang diaplikasikan ialah menggunakan metode diskusi kelompok, kegiatan proyek, presentasi siswa, pemberian evaluasi dan umpan balik, serta penyediaan lingkungan belajar yang dinamis dan demokratis.

Published

2025-01-01

Citation Check