Analisis Metode Pembelajaran Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Jatiyoso
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4423Abstract
Penelitian ini bertujuan guna menganalisis tingkat keberhasilan diterapkannya metode pembelajaran partisipatif terhadap motivasi belajar siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso. Metode pembelajaran partisipatif menjadi variabel independen pada riset ini dengan motivasi belajar siswa yang menjadi variabel dependennya. Metode penelitian yang diaplikasikan pada riset ini berupa metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sampel jenuh yakni menjadikan seluruh populasi siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso yang berjumlah 26 anak sebagai sampel dalam riset. Observasi partisipatif, wawancara secara mendalam serta dokumentasi menjadi teknik yang dimanfaatkan guna mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan pada riset ialah teknik analisis data Miles dan Huberman yang meliputi: pengumpulan data hasil riset, reduksi atau pengurangan data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan Triangulasi Sumber dilangsungkan guna melakukan pengujian terhadap tingkat validitas data hasil riset. Dan didapatkan hasil bahwasanya terdapat peningkatan motivasi belajar pada siswa kelas 3 SD Muhammadiyah Jatiyoso setelah diterapkannya metode pembelajaran partisipatif. Strategi pembelajaran partisipatif yang diaplikasikan ialah menggunakan metode diskusi kelompok, kegiatan proyek, presentasi siswa, pemberian evaluasi dan umpan balik, serta penyediaan lingkungan belajar yang dinamis dan demokratis.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dyah Sulistyaningsih, Widyastuti, Markhamah, Harsono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es