Penggunaan Media Pembelajaran Buku Berjenjang Dalam Meningkatan Keterampilan Membaca Di SD Negeri Pungsari 1

Authors

  • Esthi Mursiti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Agustina Widianti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Harsono Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran buku bacaan berjenjang dalam meningkatkan keterampilan pemahaman membaca awal siswa kelas I dan II di SDN Pungsari 1. Keterampilan membaca awal merupakan fondasi penting bagi keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mendeskripsikan implementasi dan dampak penggunaan buku bacaan berjenjang. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, wawancara dan observasi mendalam dengan siswa kelas I dan II sebanyak 30 anak serta dua guru kelas. Teknik analisis data yang digunakan pada riset ialah teknik analisis data Miles dan Huberman dimana dilakukanna pengumpulan data hasil riset, kemudian reduksi data, dan penarikan kesimpulan dari data yang telah di kumpulkan untuk selanjutnya dilakukan verifikasi. Triangulasi sumber juga dilakukan untuk menguji keabsahan data hasil riset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku bacaan berjenjang efektif meningkatkan motivasi belajar, menumbuhkan ketertarikan membaca mandiri, dan mendukung pembelajaran berdeferensiasi. Temuan ini mengimplikasikan pentingnya buku bacaan berjenjang sebagai strategi efektif pengembangan keterampilan membaca awal.

Published

2025-01-01

Citation Check