Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Kegiatan Supervisi Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di SD Muhammadiyah Jatiyoso

Authors

  • Widyastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Agustina Widianti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Dyah Sulistyaningsih Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Anam Sutopo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Sabar Narimo Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4421

Abstract

Rendahnya kinerja guru dalam proses pembelajaran berdampak signifikan pada kualitas pendidikan yang diterima siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah, mengidentifikasi upaya yang dilakukan guru dan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta menganalisis hasil dari penerapan supervisi kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Penelitian ini melibatkan partisipasi aktif guru, kepala sekolah dan pihak sekolah dalam rangka mendpatkan pemahaman mendalam mengenai implementasi supervisi kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kelas secara sistematis dan kolaboratif berhasil meningkatkan kinerja guru. Berbagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran yang teridentifikasi mencakup peningkatan proses pembelajaran, penilaian dan kedisiplinan guru dalam melaksanakan.  Penelitian ini menegaskan bahwa kinerja guru merupakan faktor kunci meningkatkan mutu pendidikan, dan upaya perbaikan harus berfokus pada pengembangan profesionalme serta dukungan dari pihak sekolah untuk mencapai hasil yang optimal.

Published

2025-01-01

Citation Check