Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Materi Cinta Indonesia

Authors

  • Laila Miftakhul Atikhah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Alif Robikho Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Joko Wahyu Widodo SDN 2 Mranti Purworejo Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4419

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan penerapan metode bermain peran kepada peserta didik kelas V SD Negeri 2 Mranti, dengan fokus pada materi Cinta Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggabungkan data kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui dua cara utama, yaitu melalui tes untuk menilai hasil belajar dan observasi untuk mengamati perilaku siswa selama proses pembelajaran. Penelitian ini mengikuti model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap yang berulang: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode bermain peran berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Mranti. Data yang dianalisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa pada siklus pertama adalah 61,2468 dengan persentase ketuntasan sebesar 48%. Siklus kedua, mengalami kenaikan signifikan pada nilai rata-rata menjadi 78,06 dan persentase ketuntasan 80,77%. Implementasi metode bermain peran secara signifikan berkontribusi pada peningkatan kemampuan berbicara siswa.

Published

2024-01-05

Citation Check