Kepemimpinan Transformasional Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4417Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami, mendeskripsikan, serta mengkaji peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mewujudkan Merdeka Belajar di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan melakukan penelaahan secara kritis beberapa sumber relevan dengan topik pembahasan, baik jurnal, buku, artikel, dan dokumen lain. Proses pengkajian data dilakukan melalui beberapa tahapan secara sistematis meliputi: pertama pengelompokan bahan kajian dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, kedua analisis bahan kajian; ketiga simpulan berdasarkan hasil kajian dan interpretasi data. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa: Pertama, kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran strategis dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kedua, peran kepala sekolah juga krusial dalam merumuskan strategi dan menciptakan inovasi yang relevan dengan kebutuhan sekolah. Ketiga, faktor keberhasilan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengoptimalkan implementasi Merdeka Belajar di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh motivasi kerja guru. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka dan merumuskan strategi serta menciptakan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Moh Ali Nasihul Amin, Achadi Budi Santosa, Muhammad Zuhaery
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es