Kepemimpinan Transformasional Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar

Authors

  • Moh Ali Nasihul Amin Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Achadi Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Muhammad Zuhaery Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4417

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami, mendeskripsikan, serta mengkaji peran kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mewujudkan Merdeka Belajar di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan melakukan penelaahan secara kritis beberapa sumber relevan dengan topik pembahasan, baik jurnal, buku, artikel, dan dokumen lain. Proses pengkajian data dilakukan melalui beberapa tahapan secara sistematis meliputi: pertama pengelompokan bahan kajian dengan rumusan masalah yang telah ditentukan, kedua analisis bahan kajian; ketiga simpulan berdasarkan hasil kajian dan interpretasi data. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa: Pertama, kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran strategis dalam optimalisasi implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Kedua,  peran kepala sekolah juga krusial dalam merumuskan strategi dan menciptakan inovasi yang relevan dengan kebutuhan sekolah. Ketiga, faktor keberhasilan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam mengoptimalkan implementasi Merdeka Belajar di sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh motivasi kerja guru. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan transformasional kepala sekolah memiliki peran strategis dalam mengoptimalkan implementasi Kurikulum Merdeka dan merumuskan strategi serta menciptakan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di sekolah dasar. 

Published

2024-12-21

Citation Check