Pembelajaran “Tarbiyah” Dalam Upaya Mewujudkan Generasi Berakhlak Qur’ani Di SD Saqu Mutiara Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4412Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi pembelajaran “Tarbiyah” di SD Saqu Mutiara Bandung untuk mewujudkan generasi berakhlak Qur’ani, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat, serta mengevaluasi dampaknya pada siswa. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Pembelajaran “Tarbiyah” di sekolah ini dilakukan secara sistematis melalui tahapan perencanaan berbasis kurikulum khusus yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam mata pelajaran seperti aqidah, hadis, do’a, dan adab. Pelaksanaannya menggunakan metode hafalan, talqin, ceramah, dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, dengan evaluasi berkala secara lisan dan tertulis. Faktor pendukung pembelajaran ini adalah pembiasaan perilaku baik, dukungan keluarga, dan komunikasi yang efektif melalui buku penghubung antara guru dan orang tua. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keberagaman karakter siswa dan motivasi rendah dalam menghafal di rumah, yang diatasi melalui pendekatan yang kreatif untuk menjaga antusiasme siswa. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif pembelajaran “Tarbiyah” dalam membentuk karakter Islami, di mana siswa mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan berbasis nilai Qur’ani, menjadi panduan bagi lembaga pendidikan dalam membentuk generasi yang cerdas akademis dan berakhlak mulia.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Risma Putri Rahayu, Wawan Hermawan, Cucu Surahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es