Penerapan Media Pembelajaran Digital Bermuatan Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar

Authors

  • Ni Putu Wulan Pratami Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • Ida Bagus Putu Arnyana Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia
  • I Wayan Suja Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4398

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis secara deskriptif tentang penerapan media pembelajaran digital bermuatan Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik studi pustaka yaitu penelusuran terhadap buku dan jurnal yang terbit selama 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran digital yang bermuatan Tri Hita Karana pada pembelajaran IPA di sekolah dasar menunjukkan hasil yang baik yaitu; 1) Media yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran, 2) Berpengaruh positif terhadap hasil belajar dan pemahaman konsep, 3) Menguatkan karakter, 4) Mengasah sikap sosial siswa, 5) Meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab siswa terhadap budaya lokal. Namun, masih sedikit guru dan peneliti yang menggunakan media pembelajaran digital dengan muatan Tri Hita Karana dalam pembelajaran IPA di SD. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran digital memberi pengaruh positif pada pembelajaran IPA di SD.

Published

2024-12-21

Citation Check