Optimalisasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Abad 21 di SDIT Raudhatul Jannah Kota Cilegon

Authors

  • Putri Rahma Khalisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Reksa Adya Pribadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Ana Nurhasanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4397

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan optimalisasi proses implementasi Kurikulum Merdeka serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya pada pembelajaran abad ke-21 di SDIT Raudhatul Jannah Cilegon. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SDIT Raudhatul Jannah Kota Cilegon telah berlangsung dengan cukup baik. Guru mampu menyusun modul ajar secara terstruktur dan kreatif, memanfaatkan berbagai media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan serta perkembangan siswa, dan menerapkan metode pembelajaran berbasis proyek. Selain itu, integrasi tema-tema Profil Pelajar Pancasila menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran, mendukung pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Meskipun masih terdapat tantangan, seperti peningkatan penguasaan teknologi dan pengelolaan sarana prasarana, namun penerapan Kurikulum Merdeka di SDIT Raudhatul Jannah Kota Cilegon sesuai dengan prinsip pembelajaran abad ke-21 yang relevan dengan tuntutan era modern.

Published

2024-12-21

Citation Check