Pengaruh Lingkungan Kelas Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDIT Iqro’ Nogosari
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4395Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan kelas terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa di SDIT Iqro' Nogosari, dengan membandingkan dua kondisi kelas yang berbeda, yaitu kelas yang memiliki lingkungan kondusif dan kelas dengan lingkungan yang kurang kondusif. Lingkungan kelas yang kondusif meliputi fasilitas yang cukup memadai, suasana yang positif, selain itu terciptanya hubungan yang harmonis antara siswa dan guru, sedangkan kelas yang kurang kondusif menghadapi masalah kebisingan, keterbatasan fasilitas, dan interaksi sosial yang kurang mendukung. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan eksperimen komparatif dan uji t untuk menguji perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas dengan lingkungan kondusif (kelas IIb) memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi yakni sebesar 89,45 dibandingkan dengan kelas yang tidak kondusif (kelas IIc) yang memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 79,50. Uji t mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, hal ini menunjukkan bahwa lingkungan kelas yang kondusif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya menciptakan lingkungan kelas yang mendukung untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nurul Hidayati Zahro, Retno Megawati, Sri Suparti, Budi Murtiyasa, Nining Setyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es