Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konten Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4393Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran berdiferensiasi konten sebagai pendekatan inovatif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai – nilai Pancasila pada Pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pendekatan ini dipilih untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi konten dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 4 SD. Temuan menunjukkan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi konten mampu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih personal, responsif, dan bermakna. Pendekatan ini tidak sekadar mengubah metode pengajaran, melainkan mentransformasi filosofi pendidikan nilai dengan memposisikan keunikan individual peserta didik sebagai episentrum proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi konten pada pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas 4 SD memberikan dampak yang sangat positif terhadap kualitas pembelajaran. Pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa ini memungkinkan setiap siswa untuk mengakses materi yang relevan dan sesuai dengan tingkat pemahaman mereka. Hal ini tidak hanya meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dan percaya diri dalam mengikuti pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Retno Megawati, Wulan Fajar Setyorini, Markamah, Harsono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es