Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Gamifikasi Berbasis Kecerdasan Logis-Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Iin Farlina Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Ristianto Nugroho Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Miftakhul Wahyu Ferdian Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Cintya Agustina Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia
  • Dhuta Sukmarani Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i2.4392

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media interaktif gamifikasi berbasis kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian menggunakan desain pre-eksperimental one group pretest-posttest dengan sampel 23 siswa kelas IV SDN Jurangombo 5. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan soal pemecahan masalah, kemudian dianalisis menggunakan Wilcoxon signed ranks test melalui SPSS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest (57,04) ke posttest (82,04) dengan kenaikan 25 poin. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif gamifikasi berbasis kecerdasan logis-matematis memberikan pengaruh positif yang signifikan dan terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV sekolah dasar.

Published

2025-06-14

Citation Check