Pemanfaatan Kolase Sebagai Alat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 3 SD 1 Peganjaran

Authors

  • Claudia Prameswari Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Wasis Wijayanto Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Ajeng Prastiana Pratiwi Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4391

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan kolase sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 SD 1 Peganjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran seni budaya di SD 1 Peganjaran, serta mengeksplorasi kreativitas siswa dan hasil karya mereka dalam pembuatan kolase pada mata pelajaran seni budaya di kelas 3. Kegiatan seni budaya dan prakarya (SBdP) memegang peranan penting dalam mengasah keterampilan seni siswa, salah satunya melalui kolase. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif naratif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran melalui teknik kolase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kolase sebagai media pembelajaran efektif dalam memfasilitasi peningkatan kreativitas siswa, terutama dalam kemampuan berpikir fleksibel, orisinalitas ide, dan keterampilan elaborasi. Proses ini tidak hanya mendukung siswa untuk menghasilkan karya seni tetapi juga memperkuat rasa percaya diri mereka dalam berekspresi melalui seni.

Published

2024-12-21

Citation Check