Pemanfaatan Kolase Sebagai Alat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 3 SD 1 Peganjaran
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4391Abstract
Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan kolase sebagai alat pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas 3 SD 1 Peganjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran seni budaya di SD 1 Peganjaran, serta mengeksplorasi kreativitas siswa dan hasil karya mereka dalam pembuatan kolase pada mata pelajaran seni budaya di kelas 3. Kegiatan seni budaya dan prakarya (SBdP) memegang peranan penting dalam mengasah keterampilan seni siswa, salah satunya melalui kolase. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif naratif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran melalui teknik kolase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kolase sebagai media pembelajaran efektif dalam memfasilitasi peningkatan kreativitas siswa, terutama dalam kemampuan berpikir fleksibel, orisinalitas ide, dan keterampilan elaborasi. Proses ini tidak hanya mendukung siswa untuk menghasilkan karya seni tetapi juga memperkuat rasa percaya diri mereka dalam berekspresi melalui seni.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Claudia Prameswari, Wasis Wijayanto, Ajeng Prastiana Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es