Strategi Pendampingan Untuk Siswa Fase A Yang Kesulitan Membaca Dan Mengenal Abjad

Authors

  • Arneta Dwi Cahyani Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Sofia Laretna Amartya Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Andri Anugrahana Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4390

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa fase A dalam menghadapi kesulitan dalam membaca dan mengenal abjad. Pendampingan kesulitan belajar ini perlu untuk ditindak lanjuti. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pendampingan yang tepat untuk membantu siswa dalam membaca dan mengenal huruf abjad. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang ditunjukan pada penelitian ini terdapat beberapa siswa yang kesulitan dan dalam membaca dan mengenal abjad dikarenakan belum memahami bunyi huruf dan terbalik-balik dalam mengetahui huruf abjad yang bentuk hurufnya hampir sama. Sehingga pada saat menulis suatu kata, siswa masih belum bisa menulis bahkan membaca secara langsung. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa beberapa strategi pendampingan membaca dan mengenal huruf pada fase A yaitu 1.) Mengajak siswa untuk bernyanyi bunyi huruf. 2). Membaca kata secara pelan-pelan, 3). Menuliskan kata yang diminta, 4) Mengecek kembali tulisan yang telah ditulis, 5) Mengecek tulisan siswa yang sering terbalik-balik dalam penulisan huruf. Hal ini menjadikan pentingnya pendampingan peran guru dan dalam membimbing dan mendampingi siswa yang kesulitan dalam membaca dan mengenal huruf abjad.

Published

2024-12-21

Citation Check