Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4388Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji pengaruh pembelajaran PBL terhadap keterampilan berpikir kritis matematika FPB dan KPK kelas 5 jenjang Sekolah Dasar. Selain itu juga mengidentifikasi efektifitas dalam menerapkan perangkat pembelajaran Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika FPB dan KPK Siswa Kelas 5. Penelitian ini memiliki peranan penting bagi guru dalam merancang dan mempraktikkannya pada kegiatan dengan aktif, kritis, dan berpusat pada peserta didik, sehingga dapat meningkatkan kualitas belajar. Subjek penelitian ini adalah SDN Kemiri Sidoarjo dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan desain penelitian kuasi-eksperimen tipe posttest only-control group design. Penelitian ini diuji sebanyak dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan pasca diberi perlakuan, dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui pada uji coba kelompok eksperimen (menggunakan PBL) bahwa nilai uji kemampuan berpikir kritis yaitu 85, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis mencapai 72. Pada standard deviasi kelompok eksperimen dengan menggunakan PBL bernilai 5, sedangkan standar deviasi pada kelas kontrol bernilai 4. Nilai t hitung pada kelas eksperimen bernilai 3,25, dan nilai t tabel (α = 0,05) bernilai 1,98. Hal ini menunjukkan bahwa PBL dapat menjadi alternatif yang berpengaruh dan efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, khususnya kemampuan berpikir kritis.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Provitasari, Wiryanto, Neni Mariana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es