Evaluasi Program Buku Literasi Suka Membaca (BURASIKACA) Peserta Didik SD Negeri Dukuh 03 Salatiga Menggunakan Model Context, Input, Process, Product (CIPP)

Authors

  • Agus Hari Santosa Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4384

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program BURASIKACA di SD Negeri Dukuh 03. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model yang CIPP (konteks, input, proses, produk). Data diperoleh melalui wawancara, angket, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian program dengan menggunakan model CIPP telah terlaksana dengan baik. Hal tersebut karena pada aspek konteks latar belakang terciptanya BURASIKACA sudah sesuai dengan tujuan, dan visi misi sekolah. Untuk input program BURASIKACA sudah memenuhi sarana prasarana dan sumber daya manusia yang memadai untuk menunjang berjalannya program. Kemudian untuk proses terdapat hambatan pada sarana buku yang disediakan kurang adanya pembaruan yang menyebabkan kurangnya motivasi berliterasi peserta didik. Produk yang dihasilkan dari pelaksanaan program BURASIKACA yaitu meningkatnya minat dan kemampuan membaca peserta didik. dari keseluruhan hasil evaluasi ini dapat disimpulkan bahwa program BURASIKACA di SD Negeri Dukuh 03 berhasil dengan cukup baik sehingga program ini dapat dilanjutkan dengan memperbaiki hambatan terjadi.

Published

2024-12-21

Citation Check