Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Google Earth Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Bringinbendo 1
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4383Abstract
Pendidikan yang efektif memerlukan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah Google Earth, yang menawarkan pengalaman visual interaktif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penggunaan media pembelajaran berbasis Google Earth untuk meningkatkan minat belajar siswa di SDN Bringinbendo 1. Dengan memanfaatkan metode kualitatif deskriptif dan menggunakan teknik wawancara, penelitian ini berfokus pada bagaimana media berbasis Google Earth dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari konsep geografi, bentang alam, dan peta serta ilmu lainnya. Penggunaan Google Earth sebagai media interaktif memberikan visualisasi yang realistis dan memudahkan siswa dalam mengenal lingkungan sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Google Earth efektif dalam meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Google Earth dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Orta Rosinda Putra, Muhammad Yusron Maulana El Yunusi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es