Mengatasi Miskonsepsi Dalam Pembelajaran IPA: Tantangan Dan Strategi Untuk Peningkatan Pemahaman Sains Di Sekolah Dasar Pada Materi Iklim Dan Perubahan
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4378Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan memahami berbagai tantangan, jenis miskonsepsi yang sering muncul pada siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPA, serta strategi dan peran guru dalam mengatasi miskonsepsi di kelas, termasuk kendala dalam menemukan strategi yang tepat dan efektif. Metode yang digunakan adalah telaah literatur untuk mengumpulkan dan menganalisis penelitian sebelumnya melalui artikel, jurnal, dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi siswa disebabkan oleh pemahaman yang keliru tentang konsep ilmiah dasar, keterbatasan media pembelajaran, dan kurangnya keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari. Tantangan bagi guru meliputi waktu pembelajaran yang terbatas, rendahnya literasi sains, dan kurangnya media interaktif. Strategi efektif untuk mengatasi miskonsepsi mencakup penggunaan media visual, pendekatan berbasis proyek, dan diskusi kelompok. Guru memiliki peran penting dalam mendeteksi dan memperbaiki miskonsepsi melalui pembelajaran interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa miskonsepsi dapat diminimalisir dengan strategi kontekstual, media visual menarik, dan dukungan kurikulum terstruktur, serta merekomendasikan agar guru mengintegrasikan pendekatan aktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman sains siswa
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Retno Satuti, Idam Ragil Widianto Atmojo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es