Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pendidikan Di SD Negeri 1 Sigaluh Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara

Authors

  • Suyadi Magister Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka, Indonesia
  • Hartono Universitas Islam Negeri Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Nurhasanah Magister Pendidikan Dasar Sekolah Pascasarjana Universitas Terbuka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kebijakan yang digunakan sebagai dasar dalam implementasi SPMI SD Negeri 1 Sigaluh. 2) Menganalisis siklus implementasi SPMI di SD Negeri 1 Sigaluh. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian bersifat holistik dalam keseluruhan situasi sosial SD Negeri 1 Sigaluh sebagai sekolah model SPMI LPMP Jawa Tengah, yang meliputi konteks tempat (place), pelaku (actor) dan aktifitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Data dan informasi diperoleh dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Penelitian menggunakan teknik non- probability sampling sub teknik snowball sampling. Pengambilan data yang dimulai dari kepala sekolah dan guru, dilanjutkan dari Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah, segenap guru dan karyawan, didik, orang tua, komite sekolah pengawas sekolah, dan Tim Penjaminan Mutu Daerah. Analisis data dimulai dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif dan membercheck. Tahapan akhir analisis adalah data reduction, data display, dan conslusion drawing/verification. Dari hasil analisis dan pembahasan penelitian diambil kesimpulan bahwa: 1) SD Negeri 1 Sigaluh telah melaksanakan kebijakan mutu sebagai komitmen bersama warga sekolah dan stakeholder. 2) SD Negeri 1 Sigaluh melaksanakan SPMI dengan 5 (lima) siklus penjaminan mutu sebagaimana pasal 5 Permendikbud 28 Tahun 2016.

Published

2024-12-21

Citation Check