Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Pendidikan Di SD Negeri 1 Sigaluh Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4366Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kebijakan yang digunakan sebagai dasar dalam implementasi SPMI SD Negeri 1 Sigaluh. 2) Menganalisis siklus implementasi SPMI di SD Negeri 1 Sigaluh. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Fokus penelitian bersifat holistik dalam keseluruhan situasi sosial SD Negeri 1 Sigaluh sebagai sekolah model SPMI LPMP Jawa Tengah, yang meliputi konteks tempat (place), pelaku (actor) dan aktifitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis. Data dan informasi diperoleh dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Penelitian menggunakan teknik non- probability sampling sub teknik snowball sampling. Pengambilan data yang dimulai dari kepala sekolah dan guru, dilanjutkan dari Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah, segenap guru dan karyawan, didik, orang tua, komite sekolah pengawas sekolah, dan Tim Penjaminan Mutu Daerah. Analisis data dimulai dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, analisis kasus negatif dan membercheck. Tahapan akhir analisis adalah data reduction, data display, dan conslusion drawing/verification. Dari hasil analisis dan pembahasan penelitian diambil kesimpulan bahwa: 1) SD Negeri 1 Sigaluh telah melaksanakan kebijakan mutu sebagai komitmen bersama warga sekolah dan stakeholder. 2) SD Negeri 1 Sigaluh melaksanakan SPMI dengan 5 (lima) siklus penjaminan mutu sebagaimana pasal 5 Permendikbud 28 Tahun 2016.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Suyadi, Hartono, Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es