Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Matematika Di SD Negeri Ploso

Authors

  • Khasanah Rahmawati Universitas Sanata Dharma, Indonesia https://orcid.org/0009-0009-4406-865X
  • Arief Kurniawan Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Cindy Helda Ferrary Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Berlian Miswa Krismawati Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Riska Yulia Safitri Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Ulfiana Nurul Hikmah Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4356

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengakomodasi keragaman karakteristik dan minat siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk menggambarkan penerapan dan dampak pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Ploso. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, di mana peneliti menganalisis dan mendeskripsikan apa yang terjadi di lingkungan sekolah, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dan V SD Negeri Ploso. Dalam penelitian kualitatif, peneliti bertindak sebagai instrumen utama (human instrument). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni triangulasi. Hasil penelitian impelementasi pembelajaran berdiferensiasi di SD Negeri Ploso sudah berjalan dengan baik. Di SD Negeri Ploso, pembelajaran berdiferensiasi menjadi fokus untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memastikan setiap siswa mencapai potensi maksimalnya. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Negeri Ploso telah memberikan dampak positif yang signifikan, termasuk peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, peningkatan prestasi akademik, dan pengembangan keterampilan siswa.

Published

2024-12-21

Citation Check