Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pelajaran Matematika Di SD Negeri Ploso
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4356Abstract
Keberhasilan proses pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengakomodasi keragaman karakteristik dan minat siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk menggambarkan penerapan dan dampak pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Ploso. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, di mana peneliti menganalisis dan mendeskripsikan apa yang terjadi di lingkungan sekolah, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dan V SD Negeri Ploso. Dalam penelitian kualitatif, peneliti bertindak sebagai instrumen utama (human instrument). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni triangulasi. Hasil penelitian impelementasi pembelajaran berdiferensiasi di SD Negeri Ploso sudah berjalan dengan baik. Di SD Negeri Ploso, pembelajaran berdiferensiasi menjadi fokus untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memastikan setiap siswa mencapai potensi maksimalnya. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di SD Negeri Ploso telah memberikan dampak positif yang signifikan, termasuk peningkatan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, peningkatan prestasi akademik, dan pengembangan keterampilan siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Khasanah Rahmawati, Arief Kurniawan, Cindy Helda Ferrary, Berlian Miswa Krismawati, Riska Yulia Safitri, Ulfiana Nurul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es