Pengaruh Media Pembelajaran Video Interaktif (PWZ) Perubahan Wujud Dan Zat Terhadap Pemahaman Konsep IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4337Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video interaktif (PWZ) perubahan wujud dan zat terhadap pemahaman konsep IPA untuk siswa kelas IV di SDN Krembung I, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metedeologi kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design (pretest-posttest), yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak, penelitian ini diadakan di SDN Krembung I yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam metode kuantitatif adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T test) sebagai bagian dari proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 91,9 dan kelas kontrol 61,5. Dalam uji hipotesis dilakukan dengan Independent Sample T test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu > a = 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran video interaktif (PWZ) perubahan wujud dan zat terhadap pemahaman konsep ipa siswa sekolah dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nur Dinia, Enik Setiyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es