Pengaruh Media Pembelajaran Video Interaktif (PWZ) Perubahan Wujud Dan Zat Terhadap Pemahaman Konsep IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Dinia Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia
  • Enik Setiyawati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4337

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video interaktif (PWZ) perubahan wujud dan zat terhadap pemahaman konsep IPA untuk siswa kelas IV di SDN Krembung I, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metedeologi kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design (pretest-posttest), yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak, penelitian ini diadakan di SDN Krembung I yang berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam metode kuantitatif adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T test) sebagai bagian dari proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 91,9 dan kelas kontrol 61,5. Dalam uji hipotesis dilakukan dengan Independent Sample T test yang diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu > a = 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada media pembelajaran video interaktif (PWZ) perubahan wujud dan zat terhadap pemahaman konsep ipa siswa sekolah dasar.

Published

2024-12-21

Citation Check