Meningkatkan Kemampuan Menyimak Peserta Didik Kelas Ii Sdn 187/I Teratai Melalui Penggunaan Digital Storytelling Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4336Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas II SDN 187/I Teratai melalui penggunaan digital storytelling dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada Siklus I, guru mengalami tantangan dalam menjaga perhatian siswa, meskipun kegiatan pembelajaran telah dirancang dengan baik. Hasil belajar menunjukkan nilai rata-rata 78,85 dengan tingkat ketuntasan 78,85%. Berdasarkan refleksi, peneliti menyadari perlunya peningkatan manajemen kelas dan penggunaan media digital storytelling yang lebih optimal. Pada Siklus II, implementasi digital storytelling lebih ditingkatkan dengan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Guru berhasil menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang terbukti dari peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 94,62 dan tingkat ketuntasan 94,62%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa digital storytelling efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan digital storytelling dapat secara signifikan meningkatkan kemampuan menyimak siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar dan partisipasi siswa yang lebih aktif dan antusias.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Rara Nasywa Aprilia, Muhammad Masykur, Athylla Friska Amanda, Syarifah Syafitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es