Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbantuan Aplikasi Canva Di Kelas II SDN 14/I Kabupaten Batanghari

Authors

  • Rahmad Hidayat Universitas Jambi, Indonesia
  • Siti Marwiyah Universitas Jambi, Indonesia
  • Puji Isratulhasanah Universitas Jambi, Indonesia
  • Anisa Hidayati Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4335

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II melalui penerapan media pembelajaran gambar berseri berbantuan aplikasi Canva. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di sekolah dasar negeri 14/I Kabupaten Batanghari yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran gambar berseri berbantu aplikasi Canva dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa secara signifikan. Pada siklus I, rata-rata nilai kemampuan membaca siswa meningkat dari 65,78 menjadi 69,34. Pada siklus II, rata-rata nilai tersebut kembali meningkat menjadi 80,94. Peningkatan ini terlihat dari kemampuan siswa dalam mengenali huruf, menggabungkan huruf menjadi kata, dan membaca kata dengan lancar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran gambar berseri berbantuan aplikasi Canva efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 14/I kabupaten Batanghari.

Published

2024-12-21

Citation Check