Analisis Strategi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Mengembangkan Potensi Peserta Didik Di SDN Kelapa Dua Kota Serang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4330Abstract
Pada dasarnya setiap anak memiliki potensi yang beragam, termasuk kecerdasan berbeda, bakat dalam berbagai bidang, minat yang beraneka ragam, serta tantangan dan kebutuhan yang bervariasi. penting untuk mengidentifikasi dan merespon potensi masing-masing peserta didik agar mereka dapat mencapai prestasi maksimal dengan melalukan analisis kebutuhan sesuai dengan langkah awal dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.Pembelajaran berdiferensiasi berupaya menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, dimana setiap peserta didikmerasa dihargai dan didukung, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian peserta didik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penerapanpembelajaran berdiferensiasi untuk mengembangkan potensipeserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalahkualitatif dengan metode deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan gambar dan bukanangka yang didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasanpembelajaran yang diterapkan di SDN Kelapa Dua telahmenggunakan pembelajaran berdiferensiasi dalammenghadapi keberagaman kebutuhan, karakteristik dan kemampuan peserta didik di SDN Kelapa Dua. Pengembangan kegiatan pembelajaran yang meliputi 4 komponen yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, diferensiasi produk dan lingkungan belajar yang dirancangsedemikian rupa oleh pendidik agar sesuai dengan keberagaman kebutuhan, karakteristik dan kemampuanpeserta didik untuk meningkatkan potensi yang ada pada setiap peserta didik.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Potensi, Peserta Didik
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Siti Farah Huwaida, Trian Pamungkas Alamsyah, Reksa Adya Pribadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es