Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Audio Visual Dengan Model Pembelajaran Fun Learning Siswa Kelas V SDN Pekunden Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4316Abstract
Kemampuan menyimak merupakan suatu keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak guru dapat menggunakan media audio visual dengan model pembelajaran fun learning melalui game puzzle tempel. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas 5 Banjar SDN Pekunden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertamuan meliputi pra siklus, siklus satu pertemuan 1 dan 2, serta siklus 2 pertemuan 1. Setiap tahapan siklus memuat kegiatan perencanaan, tindakan dan pengukuran, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Banjar yang berjumlah 26 siswa. Data diperoleh melalui observasi aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung ketuntasan individu dan ketuntasan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menyimak siswa kelas 5 Banjar dimana pada pra siklus memiliki ketuntasan klasikal sebesar 3%, siklus 1 pertemuan 1 sebesar 50%, siklus 1 pertemuan 2 sebesar 69%, dan siklus 2 pertemuan 1 sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dengan model pembelajaran fun learning melalui game puzzle tempel memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas 5 Banjar.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Laily Saharani, E.F Sari, N.D Kusumawardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es