Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Media Audio Visual Dengan Model Pembelajaran Fun Learning Siswa Kelas V SDN Pekunden Semarang

Authors

  • Laily Saharani Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • E.F Sari Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • N.D Kusumawardani Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4316

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan suatu keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik. Dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak guru dapat menggunakan media audio visual dengan model pembelajaran fun learning melalui game puzzle tempel. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas 5 Banjar SDN Pekunden. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertamuan meliputi pra siklus, siklus satu pertemuan 1 dan 2, serta siklus 2 pertemuan 1. Setiap tahapan siklus memuat kegiatan perencanaan, tindakan dan pengukuran, serta refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 Banjar yang berjumlah 26 siswa. Data diperoleh melalui observasi aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan cara menghitung ketuntasan individu dan ketuntasan secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menyimak siswa kelas 5 Banjar dimana pada pra siklus memiliki ketuntasan klasikal sebesar 3%, siklus 1 pertemuan 1 sebesar 50%, siklus 1 pertemuan 2 sebesar 69%, dan siklus 2 pertemuan 1 sebesar 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dengan model pembelajaran fun learning melalui game puzzle tempel memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas 5 Banjar.

Published

2024-05-19

Citation Check