Pengembangan Media Ayam Si Yaya pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD N Tugurejo 02
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4314Abstract
Powerpoint Interaktif dirancang dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif media tersebut saat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi “Indonesiaku kaya budaya” di kelas 4. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tugurejo 02 Kota Semarang, dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 4 sejumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian kali ini yaitu dengan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Instrumen yang akan digunakan yaitu berupa tes yang berfungsi untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil tes yang dilakukan oleh siswa menunjukkan hasil yang positif. Sehingga berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan yaitu dengan penerapan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi “Indonesiaku kaya budaya”. Sehingga dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa dan menciptakan pembelajaran IPAS di kelas tinggi menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan menciptakan suasana kelas yang aktif dan interaktif.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Aditya Agung Saputra, Tri Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es