Pengembangan Media Ayam Si Yaya pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD N Tugurejo 02

Authors

  • Aditya Agung Saputra Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  • Tri Astuti Universitas Negeri Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4314

Abstract

Powerpoint Interaktif dirancang dalam penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif media tersebut saat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) pada materi “Indonesiaku kaya budaya” di kelas 4. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tugurejo 02 Kota Semarang, dengan populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 4 sejumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian kali ini yaitu dengan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Instrumen yang akan digunakan yaitu berupa tes yang berfungsi untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, hasil tes yang dilakukan oleh siswa menunjukkan hasil yang positif. Sehingga berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan yaitu dengan penerapan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi “Indonesiaku kaya budaya”. Sehingga dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman siswa dan menciptakan pembelajaran IPAS di kelas tinggi menjadi lebih bermakna, menyenangkan, dan menciptakan suasana kelas yang aktif dan interaktif.

Published

2024-05-19

Citation Check