Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas II Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4313Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil konsentrasi belajar di kelas IIB masih belum memenuhi ketuntasan klasikal. Misalnya ketika guru memberikan penguatan materi, peserta didik masih banyak yang berbicara dan bermain dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IIB SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari. Metode yang digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah metode Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC Taggart melalui tahapan model perencanaan (Planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara guru kelas. Hasil dari pengamatan dan observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dianggap tepat untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di kelas II. Hasil tersebut dapat dilihat dari meningkatnya persentase konsentrasi belajar peserta didik dari Pra-siklus berjumlah 51%, meningkat menjadi 64% dalam pelaksanaan siklus 1, kemudian meningkat lagi 78% pada siklus II.
Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Problem Based Learning
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Faracha Nurrahma, Almuntaqo Zainuddin, Ariyani Solekah, Dwi Suparwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es