Upaya Peningkatan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas II Sekolah Dasar

Authors

  • Faracha Nurrahma Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Almuntaqo Zainuddin Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Ariyani Solekah Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Dwi Suparwanto Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4313

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena hasil konsentrasi belajar di kelas IIB masih belum memenuhi ketuntasan klasikal. Misalnya ketika guru memberikan penguatan materi, peserta didik masih banyak yang berbicara dan bermain dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang tepat untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IIB SD Muhammadiyah Alam Surya Mentari. Metode yang digunakan untuk melaksanakan penelitian ini adalah metode Penilaian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan MC Taggart melalui tahapan model perencanaan (Planning), tindakan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara guru kelas. Hasil dari pengamatan dan observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dianggap tepat untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik di kelas II. Hasil tersebut dapat dilihat dari meningkatnya persentase konsentrasi belajar peserta didik dari Pra-siklus berjumlah 51%, meningkat menjadi 64% dalam pelaksanaan siklus 1, kemudian meningkat lagi 78% pada siklus II.

Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Problem Based Learning

Published

2024-05-19

Citation Check