Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Heyzine Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Elemen Undang-Undang Negara Republik Indonesia Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Dewi Tri Lestari Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Oktaviani Adhi Suciptaningsih Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4312

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis heyzine elemen Undang-undang Negara Republik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pengembangan (R&D) oleh Richey & Klein, metode yang digunakan dalam penelitian ini utnuk menghasilkan produk dan menguji tingkat keefektifan produk tesebut. Langkah yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation.  Penelitian ini hanya terbatas pada rancangan pengembangan produk dan validasi secara internal kepada validator ahli dan belum sampai pada tahap uji boba produk kepada siswa. Adapun langkah yang digunakan dalam pengembangan ini sebagai berikut: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasai desain, 5) revisi desain, 6) desain teruji. Data yang dihimpun dan digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif deskriptif berdasarkan hasil validasi ahli melalui kuisioner yang diberikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket atau kuisioner penilaian validator ahli guna mengetahui kelayakan dari produk pengembangan e-book interaktif berbasis heyzine ini. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil prosentase validasi dari ahli materi 1 sebesar 89,4 % dan ahli materi 2 sebesar 90,1%. Hasil prosentase ahli media 1 sebesar  96,2% dan ahli media 2 sebesar 89,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul interaktid berbasis heyzine layak digunakan dalam pembelajaran. E-book interaktif berbasis heyzine elemen undang-undang negara republic Indonesia disajikan dengan sangat menarik melalui fitur yang komplit sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD.

Published

2024-05-04

Citation Check