Pengembangan E-book Interaktif Berbasis Heyzine Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Elemen Undang-Undang Negara Republik Indonesia Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4312Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book interaktif berbasis heyzine elemen Undang-undang Negara Republik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pengembangan (R&D) oleh Richey & Klein, metode yang digunakan dalam penelitian ini utnuk menghasilkan produk dan menguji tingkat keefektifan produk tesebut. Langkah yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Penelitian ini hanya terbatas pada rancangan pengembangan produk dan validasi secara internal kepada validator ahli dan belum sampai pada tahap uji boba produk kepada siswa. Adapun langkah yang digunakan dalam pengembangan ini sebagai berikut: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) validasai desain, 5) revisi desain, 6) desain teruji. Data yang dihimpun dan digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif deskriptif berdasarkan hasil validasi ahli melalui kuisioner yang diberikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket atau kuisioner penilaian validator ahli guna mengetahui kelayakan dari produk pengembangan e-book interaktif berbasis heyzine ini. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil prosentase validasi dari ahli materi 1 sebesar 89,4 % dan ahli materi 2 sebesar 90,1%. Hasil prosentase ahli media 1 sebesar 96,2% dan ahli media 2 sebesar 89,3%. Hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul interaktid berbasis heyzine layak digunakan dalam pembelajaran. E-book interaktif berbasis heyzine elemen undang-undang negara republic Indonesia disajikan dengan sangat menarik melalui fitur yang komplit sehingga dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SD.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Dewi Tri Lestari, Oktaviani Adhi Suciptaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es