Penggunaan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah PK Kottabarat

Authors

  • Frida Wahyu Rahmawati Universitas Muhammdiyah Surakarta, Indonesia
  • Wahdan Najib Habiby Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Esti Ambarwati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4311

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan dasar berbahasa yang penting untuk
dikuasai dan berguna dalam mendukung perkembangan siswa. Dalam mengembangkan
keterampilan berbicara, guru dapat menggunakan bantuan berbagai media contohnya adalah
media flashcard. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa
kelas IC SD Muhammadiyah PK Kottabarat melalui media Flashcard. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus
memuat kegiatan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IC yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan Teknik observasi, dokumentasi, dan tes/unjuk kerja. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada hasil tes keterampilan berbicara dimana siklus I rerata
tes keterampilan bebricara di kelas 69,67% dengan ketuntasan klasikal yaitu 64%. Kemudian
pada siklus II rerata hasil tes keterampilan berbicara adalah 75,42% dengan ketuntasan klasikal
mencapai 86%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat
meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SD Muhammadiyah PK Kottabarat
Kata Kunci: Media Flash Card, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar

Published

2024-05-04

Citation Check