Penggunaan Media Flash Card Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah PK Kottabarat
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4311Abstract
Keterampilan berbicara merupakan suatu keterampilan dasar berbahasa yang penting untuk
dikuasai dan berguna dalam mendukung perkembangan siswa. Dalam mengembangkan
keterampilan berbicara, guru dapat menggunakan bantuan berbagai media contohnya adalah
media flashcard. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa
kelas IC SD Muhammadiyah PK Kottabarat melalui media Flashcard. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap tahapan siklus
memuat kegiatan perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IC yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan Teknik observasi, dokumentasi, dan tes/unjuk kerja. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan pada hasil tes keterampilan berbicara dimana siklus I rerata
tes keterampilan bebricara di kelas 69,67% dengan ketuntasan klasikal yaitu 64%. Kemudian
pada siklus II rerata hasil tes keterampilan berbicara adalah 75,42% dengan ketuntasan klasikal
mencapai 86%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat
meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas I SD Muhammadiyah PK Kottabarat
Kata Kunci: Media Flash Card, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Frida Wahyu Rahmawati, Wahdan Najib Habiby, Esti Ambarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es