Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia Interaktif “ABIBA” (Aplikasi Belajar Ibadah Bersama Adam) Tentang Ketentuan Haji Pada Pembelajaran PAI Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4310Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam konteks pembelajaran telah mengubah paradigma pendidikan secara fundamental termasuk pada mata pelajaran PAI di SD. Penggunaan teknologi dalam konteks pembelajaran PAI mengenai materi Ibadah Haji telah menjadi semakin relevan dalam era digital saat ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang urgensi media pembelajaran digital pada proses pembelajaran. Dengan penggunaan aplikasi ABIBA (Aplikasi Belajar Ibadah Bersama Adam) sebagai upaya untuk memotivasi siswa pada mata pelajaran PAI, sehingga terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ABIBA terhadap hasil belajar PAI kelas 5 SDN Cisalak III pada materi Ketentuan Ibadah Haji, serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PAI siswa kelas 5 SDN Cisalak III sebelum dan setelah penggunaan aplikasi ABIBA. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Model Design and Development (D&D). Penelitian ini memiliki populasi yaitu siswa kelas 5 SD sebanyak 33 orang, SD ini terletak di Cibolang Kecamatan Cisarua Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dan kepuasan siswa terhadap penggunaan aplikasi ABIBA dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penggunaan aplikasi ABIBA berbasis android yang telah dikembangkan oleh peneliti layak digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran PAI di SD.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Ani Nur Aeni, Yulianti Agustin, Anisa Fitrika, Nida Mahjatul Muhjiliyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es