Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar Dalam Prespektif Gender
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4307Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca permulaan yang dimiliki oleh siswa sekolah dasar kelas 1 SDN Kepuhpandak 2, Mojokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif (Qualitative Research). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepuhpandak 2 Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Trianggulasi yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan yang dimiliki oleh siswa kelas 1 SDN Kepuhpandak 2 dari keseluruhan siswa kelas 1 dengan mengambil 5 siswa sebagai subjek penelitian diantaranya rendah dalam kemampuan membaca permulaan. Dari 5 siswa 2 siswa memiliki kemampuan membaca yang cukup baik dengan mampu mengenal dan membedakan bunyi huruf, membaca kata bermakna, kata tak bermakna serta kemampuan membaca cepat. Sedangkan 4 siswa memiliki kemampuan membaca permulaan yang cukup rendah dengan masih belum membedakan bunyi huruf, dan kesulitan dalam membaca sehingga perlu adanya bantuan mengeja. Kemampuan yang dimiliki siswa membaca permulaan rendah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kurangnya minat atau motivasi dalam membaca sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam membaca permulaan.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Diayu Mita Lestari Imania, Tri Linggo Wati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es