Analisis Penggunaan Permainan Scrabble Dalam Memperluas Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4304Abstract
Pembelajaran kosakata bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar sangatlah penting karena pada usia tersebut anak-anak lebih mudah menerima materi kosakata bahasa Inggris. Namun sayangnya banyak kesulitan yang dihadapi oleh siswa sekolah dasar dalam mempelajari bahasa Inggris, oleh karena itu diperlukan metode yang efektif dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah scrabble. Oleh karena itu, dalam artikel ini penulis ingin mengetahui sejauh mana penggunaan Scrabble membantu siswa dalam memperluas kosakata bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Scrabble dapat membantu siswa sekolah dasar dalam memperluas kosakata bahasa Inggris mereka. Scrabble memberikan pengalaman belajar yang berfokus pada interaksi langsung dengan kosakata. Siswa harus secara aktif mencari, memahami, dan menggunakan kosakata dalam konteks yang tepat untuk memenangkan permainan. Dengan cara ini, Scrabble tidak hanya menjadi alat pembelajaran kosakata, tetapi juga membantu siswa untuk menginternalisasi dan mengaplikasikan kosakata tersebut dalam situasi nyata. Dengan adanya Scrabble dalam kurikulum sekolah dasar, pembelajaran bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan efektif, membantu siswa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Thifail Arrahmani Habib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es