Evaluasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4302Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar hadir sebagai pendekatan baru dalam pendidikan yang memiliki tujuan untuk mendukung kebebasan guru dalam mengkreasikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Poin penting dari Kurikulum Merdeka ialah pembelajaran diferensiasi yang menekankan pembelajaran disesuaikan dengan profil belajar, gaya belajar, dan minat peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran diferensiasi pada Kurikulum Merdeka kelas V Sekolah Dasar. Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif di kelas V SDN Sarikarya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Keberagaman Budaya Indonesia. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi yang dilakukan sudah cukup baik. Ditinjau dari sebelum pembelajaran, peserta didik telah dihimpun ke dalam gaya belajar auditori, visual, dan kinestetik. Apersepsi dan tujuan pembelajaran disampaikan kepada peserta didik sebelum mereka memahami, serta modul ajar yang dilengkapi dengan LKPD dan bahan ajar telah disiapkan untuk mendukung pembelajaran yang relevan dengan keterbutuhan pembelajaran peserta didik. Ditinjau dari proses pembelajaran, peserta didik telah difasilitasi selaras dengan gaya belajarnya Ditinjau dari penilaian, peserta didik diberikan soal evaluasi berjumlah 10 dilengkapi dengan rubrik penilaian dengan tingkatan kognitif C3 dan C4 dengan rata-rata nilai yang didapatkan yaitu 73.2
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rizandi, Noor Aini Istiqomah, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es