Pengembangan Video Animasi Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran PAI SD Kelas 3
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4301Abstract
Pada abad ke-21, penguasaan teknologi menjadi hal penting, terutama dalam bidang pendidikan. Teknologi telah membawa dampak positif dalam pengembangan dan pembaharuan media pembelajaran, salah satunya adalah pengembangan video animasi yang merupakan produk dari kemajuan teknologi. Penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran memberikan keunggulan karena membuat pembelajaran lebih menarik, khususnya bagi generasi Z yang cenderung menyukai pendekatan audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video animasi sebagai media pembelajaran yang berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development (DnD), dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas III SDN Kawungluwuk 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi sangat efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran. Para siswa merespon positif terhadap penggunaan video animasi, menyatakan bahwa hal tersebut membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan menarik perhatian mereka secara lebih baik. Dengan demikian, video animasi dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memperkaya pengalaman belajar siswa di era digital ini.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Windi Nurlaela Sari, Wulandari, Adela Nur Intani, Ani Nur Aeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es