Pengembangan Video Animasi Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran PAI SD Kelas 3

Authors

  • Windi Nurlaela Sari PGSD, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Wulandari Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia
  • Adela Nur Intani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4301

Abstract

Pada abad ke-21, penguasaan teknologi menjadi hal penting, terutama dalam bidang pendidikan. Teknologi telah membawa dampak positif dalam pengembangan dan pembaharuan media pembelajaran, salah satunya adalah pengembangan video animasi yang merupakan produk dari kemajuan teknologi. Penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran memberikan keunggulan karena membuat pembelajaran lebih menarik, khususnya bagi generasi Z yang cenderung menyukai pendekatan audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas video animasi sebagai media pembelajaran yang berbasis teknologi. Metode penelitian yang digunakan adalah Design and Development (DnD), dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas III SDN Kawungluwuk 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video animasi sangat efektif dalam meningkatkan proses pembelajaran. Para siswa merespon positif terhadap penggunaan video animasi, menyatakan bahwa hal tersebut membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan menarik perhatian mereka secara lebih baik. Dengan demikian, video animasi dapat menjadi pilihan yang tepat dalam memperkaya pengalaman belajar siswa di era digital ini.

Published

2024-04-20

Citation Check