Pengembangan Komik Digital “Si Urban” (Tradisi Berkurban) Tentang Kisah Nabi Ibrahim Dan Nabi Ismail Pada Pembelajaran PAI Kelas 1 SD
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4300Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat inovasi media pembelajaran yang dapat menarik minat dan motivasi belajar siswa serta membuat media pembelajaran yang bermakna bagi siswa sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Jenis metode penelitian yang dilakukan adalah Desain and Development (D&D) dengan tahapan model pengembangannya yaitu ADDIE, dan teknik pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa. Media komik digital yang dikembangkan oleh peneliti diuji praktiktikan di SDN Kawungluwuk 1. Hasil dari penelitian ini yaitu : (1) media pembelajaran komik digital dinyatakan “valid” berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 5 dan oleh ahli media sebesar 4,88, (2) hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran tersebut mendapatkan penerimaan positif dari para siswa dengan nilai respon sebesar 4,16 dengan kriteria “sangat baik”. Dari hasil penelitian tersebut terbukti bahwa pengembangan media komik digital yang telah dibuat layak untuk digunakan di sekolah dasar pada mata Pelajaran PAI kelas 1.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Desi Ayu Lestari, Rima Kusuma Dewi, Tarisa Az Zahra, Ani Nur Aeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es