Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran TIK Dengan Model PjBL Berbasis TPACK di SDIT Bina Bangsa
DOI:
https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4298Abstract
Pembelajaran pada abad 21 menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) 4C dapat dilakukan dengan berbagai model pembelajaran, salah satunya adalah dengan model Project Based Learning (PjBL), namun dengan seiringnya waktu kebijakan dalam pembelajaran dapat berubah menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah memberi perubahan sisi kehidupan kita, dunia maya telah menyeruak dalam segala kalangan, sehingga tidak menutup kemungkinan kondisi tersebut berimbas negatif terhadap anak-anak yang masih labil termasuk ke pembelajaran pada abad 21. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan keterampilan 4C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) yang menjadi tuntutan pembelajaran pada abad 21 melalui kolaborasi model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbasis TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berbentuk kata-kata dan gambar-gambar bukan angka yang didapat dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi, dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pembelajaran TIK yang diterapkan di SDIT Bina Bangsa telah menerapkan pembelajaran abad 21 dengan Langkah-langkah pembelajaran yang disesuaikan dengan kecakapan abad 21 yang meliputi aspek berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreatif dan inovatif, komunikatif, dan kolaboratif, dengan memilih model pembelajaran PjBL berbasis TPACK yang disinyalir mampu menunjang pemahaman materi pada peserta didik. Maka peserta didik dapat terlibat langsung dalam kegiatan pembelajaran serta menciptakan pengalaman belajarnya sendiri, dengan itu pembelajaran yang dilaksanakan akan tercapai secara optimal.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2024 Nabila Qurrota Aini, Encep Andriana, Ahmad Syachruroji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
-
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
-
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Elementary School is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.upy.ac.id/index.php/es