Pengembangan Modul Ajar IPAS Berbasis STEM Untuk Mewujudkan Kemandirian Siswa Fase B

Authors

  • Aprillia Nurul Azizah Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Sukamto Sukamto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Siti Patonah Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31316/esjurnal.v11i2.4295

Abstract

Penggunaan STEM pada kegiatan pembelajaran yang diterapkan dalam bentuk model, bahan ajar maupun LKS dapat memberikan dampak yang baik. Tujuan penelitian yaitu mengetahui dan mendeskrispikan keefektifan modul ajar IPAS berbasis STEM yang dilakukan guru pada materi mengubah bentuk energi untuk mewujudkan kemandirian siswa kelas IV di SDN Sampangan 01 Kota Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Sampangan 01 Kota Semarang pada kelas I. Pengembangan modul berdasarkan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan tahapan; 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain modul, 4) validasi desain, 5) uji coba pemakaian, 6) revisi modul ajar, 7) uji coba modul ajar, dan 8) modul ajar akhir. Hasil penelitian adalah Berdasarkan hasil uji kepratisan yang dilakukan terhadap guru dan siswa di SDN Sampangan 01 Kota Semarang di dapat persentase sebesar 97% dengan kriteria “Sangat Praktis” dan pada uji skala kecil yang melibatkan 27 orang siswa di dapat hasil respon siswa sebesar 81,01% dengan kriteria “Sangat praktis”. Modul ajar ini diharapkan dapat menjadi salah satu sumber belajar siswa ketika belajar mandiri khusunya pada materi mengubah bentuk energi.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Modul ajar Ajar, Pendekatan STEM

Published

2024-04-06

Citation Check